Ketua Dewan Pertimbangan APINDO Kaltim, Gunawan Wibowo dalam sebuah pertemuan dengan Ketua DPP Apindo Kaltim, Slamet Brotosiswoyo dan Ketua DPP Apindo Kaltara, Herry Johanes.

APINDOKALTIM.COM – Mantan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalimantan Timur, Gunawan Wibowo, berpulang pada Kamis (15/7) dinihari. Ketua Apindo 3 periode itu wafat dalam usia 83 tahun di kediamannya, Jl. Jendseral Sudirman Balikpapan sekitar pukul 03.00 dinihari.

Ia merupakan salah satu tokoh yang ikut memerjuangkan hubungan yang harmonis antara pekerja-pengusaha di Kaltim. Berkat kegigihannya, daerah ini menjadi salah satu tujuan utama investasi di Indonesia bagian tengah.

Gunawan Wibowo meninggalkan seorang istri, Drg. Setyowati dan tiga anak, Iwan Setyo Wibowo, Hendi Wibowo, dan Ronald Wibowo. Selain dikenal sebagai sosok pengusaha, Pak Gun, begitu ia biasa disapa, juga pernah aktif di berbagai organisasi.

Pak Gun pernah menjabat sebagai pengurus Partai Golkar Balikpapan, Ketua Kosgoro Kaltim 3 periode serta Wakil Ketua Kadin Balikpapan selama 3 periode. Di Golkar, Pak Gun pernah menempati posisi Bendahara selama 2 periode. Sedangkan di Apindo, ia memimpin mulai 1992 sampai 2009.

Gunawan Wibowo, paling kanan, saat menghadiri pelantikan pengurus APINDO Kaltim periode 2019-2024.

Di luar bisnis dan politik, Gunawan Wibowo merupakan sosok yang peduli terhadap pendidikan. Ia tercatat sebagaiĀ  Ketua Yayasan Perguruan Tinggi (Yapenti) Universitas Balikpapan (Uniba) selama dua periode. Yakni dari tahun 1998 sampai 2008.

Menurut Ketua Apindo Kaltim, 2019-2004, Slamet Brotosiswoyo, pendahulunya itu telah meletakkan prinsip atau dasar-dasar organisasi. “Apindo Kaltim eksis berkat perjuangan Pak Gun. Beliau yang pertama bersinergi dengan sektor pertambangan dan perkayuan. Saat itu dua sektor tersebut sangat besar menyumbang persoalan ketenagakerjaan,” katanya.

Atas kiprahnya, organisasi pengusaha di Kaltim ini dikenal di tingkat nasional. Karena itulah, menurut SBS, Apindo Kaltim kehilangan sangat kehilangan.

Sampai akhir hayatnya, Gunawan Wibowo masih tercatat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Apindo Kaltim. “Apindo kaltim sangat kehilangan tokoh yang menjadi inspirasi organisasi,” kata SBS. Seluruh pengurus dan anggota APINDO Kaltim mengucapkan dukacita yang mendalam. Selamat jalan Pak Gun.

By admin

One thought on “Apindo Kehilangan Sosok Inspirator, Gunawan Wibowo”
  1. Bapak Gunawan Wibowo adalah inspirator dan motivator bagi kemajuan DPP APINDO Kaltim, dalam memainkan peranan penting menciptakan kondusivitas dan produktifitas dunia Usaha dan Bekerja di Kalimantan Timur.
    Kami sangat kehilangan beliau.
    Selamat jalan Bapak Gunawan Wibowo….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *